Entrecard Untuk Meningkatkan Traffic Blog Berbahasa Indonesia

Tuesday, January 4, 2011
Sebagai salah satu sarana meningkatkan traffic blog kita, banyak blogger yang menyayangkanTOS Entrecard yang menyatakan bahwa program ini hanya diperuntukkan bagi blog berbahasa Inggris. Padahal manfaat program Entrecard cukup banyak, terutama bagi blogger yang masih bingung meningkatkan Alexa Rank blog berbahasa Indonesia mereka. Memang sih, diluar sana masih banyak blog berbahasa Indonesia yang (sampai saat ini) ’selamat’ dari razia Entrecard, namun, beberapa account teman kita juga sudah terkena sangsi karena memasang widget Entrecard di blog berbahasa Indonesia milik mereka. 
Bila anda bertanya-tanya kenapa kok banyak teman blogger kita masih nekat memasang widgetEntrecard tersebut meskipun TOS-nya melarang hal itu, saya hanya dapat menjawabnya dengan “Saya tidak tahu.”. Mungkin mereka punya ‘ilmu simpanan’ yang lain untuk berjaga-jaga dari razia Entrecard. Who knows? :D
Ok, kita mulai saja tips menghindari razia Entrecard dengan tetap meningkatkan traffic / Alexa Rank di blog berbahasa Indonesia kita. Sebelumnya saya perlu nyatakan bahwa tips ini hanya bisa dilakukan bila anda menggunakan hosting sendiri atau hosting gratisan. Jadi buat blogger yang menggunakan custom domain untuk blog mereka baik di Blogger.com atau Wordpress.com, saya belum punya solusi untuk itu.
Dengan mempelajari TOS yang dinyatakan oleh Entrecard, kita bisa menarik kesimpulan bahwa pihak Entrecard hanya mensyaratkan agar blog yang dipasangi widget berbahasa Inggris, tidak boleh terdiri dari satu artikel saja dan beberapa persyaratan lainnya seperti ga boleh situs dewasa, spam blog dll. Jadi yang perlu kita lakukan adalah membuat sebuah dummy blog di subfolder domain kita.
Contoh, bila anda sudah menggunakan domain www.belajarseo.com sebagai blog anda, maka anda bisa membuat lagi / menginstall wordpress baru di www.belajarseo.com/blog/. Isilah blog tersebut minimal dengan dua artikel berbahasa inggris. Ga perlu susah-susah nyari artikel di tempat lain, terjemahkan saja artikel dari blog bahasa Indonesia anda dan letakkan di dummy blog tersebut. Dengan begitu, memasang widget Entrecard di blog tersebut membuat anda dapat meningkatkan traffic ke blog berbahasa Indonesia anda tanpa menyalahi aturan Entrecard.
Kenapa kok harus pake subfolder, bukan subdomain?
Disini saya menyarankan untuk menggunakan subfolder agar bila nanti Alexa Rank blog kita naik akibat peningkatan traffic yang dihasilkan oleh program Entrecard ke dummy blog kita, hal itu tidak akan terlihat di halaman Alexa traffic details untuk domain kita. Bila anda menggunakan subdomain, bisa-bisa nanti di halaman traffic details kita yang sudah memiliki Alexa Rank 40.000 akan terlihat seperti ini
en.belajarseo.com – 80%
belajarseo.com – 20%
Malu dong bila sampai kejadian seperti itu. Kesannya blog utama kita tidak memiliki nilai jual gitu :D
Oya, teknik ini bukan tidak ada kelemahannya. Bila anda selama ini belum mengeset bahasa atau geographic target blog anda di Google Webmaster Central, keberadaan blog berbahasa Inggris anda bisa sedikit mengacaukan SERP blog anda. Saran saya, dummy blog untuk Entrecard-nya dibuat minimalis saja, dan tambahkan meta tag robots nofollow dan noindex agar blog tersebut tidak mempengaruhi posisi blog anda di Google SERP ;)
Selamat mencoba dan semoga bermanfaat
silahkan daftar entrecard dengan cara klik disini ;) 

0 comments: On Entrecard Untuk Meningkatkan Traffic Blog Berbahasa Indonesia

Post a Comment

Grab this Widget ~ Blogger Accessories
 
bottom