Penyebab Utama Konflik Di Dunia

Monday, January 17, 2011
1. AGAMA.
Kenyataan ini sangat menyedihkan, padahal semua agama di dunia mengajarkan kepada setiap umatnya untuk saling mengasihi dan menghormati pemeluk agama lain.
Namun realita yang terjadi dalam sejarah umat manusia, agama sering dijadikan dalih untuk membantai pemeluk agama yang lain. Masih segar di dalam ingatan kita betapa berdarah-darahnya saudara-saudara kita bertikai atas nama agama di Ambon dan Poso. Begitu juga yang terjadi antar umat beragama di India-Pakistan. Konflik terbaru yang terjadi antar umat beragama terjadi di Bekasi. Semua konflik ini terjadi karena fanatisme sempit, dan kecurigaan yang berlebihan terhadap pemeluk agama lain. Semoga saja pertikaian-pertikaian ini tidak terulang di masa datang, dan hal ini memerlukan kontrol dari pemimpin ulama semua agama.


2. KESUKUAN/RAS



Sejarah kelam di abad 20 di tandai dengan pembantaian besar-besaran manusia karena perbedaan ras dan suku. Kamp konsentrasi ala Gestapo di era Hitler, perang saudara antara suku Hutu dan Tutsi di Rwanda, pembantaian di Sarajevo oleh diktator Serbia kepada bangsa Bosnia, semena-menanya kaum Broer kepada orang kulit hitam di Afrika Selatan(sistem Apartheid), kekerasan antar suku di Sampit. Semua ini adalah beberapa contoh betapa berdarahnya konflik yang disebabkan oleh perbedaan ras/suku

3. UANG/HARTA

Uang adalah alat perlindungan buat memenuhi kebutuhan hidup manusia,namun uang dan harta kerap menjadi alasan manusia untuk saling bertikai. Banyak keluarga yang bertikai saat terjadi pembagian harta warisan. Ada pula perampokan yang menyebabkan korban jiwa dengan alasan butuh uang.

4. WILAYAH TERITORIAL

Konflik Israel-Palestina adalah contoh betapa berdarahnya perebutan wilayah teritorial suatu negara. Kita juga melihat betapa sengitnya perebutan wilayah Kashmir, agresi Irak kepada Kuwait di awal 90-an, juga perang Iran-Irak. Bukan hanya antar negara/bangsa saja yang sering berkonflik karena wilayah teritorial, bahkan antar Geng biasa saling membunuhuntuk memperebutkan suatu wilayah.

5. JABATAN/KEKUASAAN
 
Sering kali terjadi kudeta berdarah terjadi untuk merebut jabatan tertinggi di suatu negara/bangsa. Ken Arok membunuh Tunggul Ametung, Kaisar Nero yang membantai keturunan kaisar dan jendral berpengaruh di masa Romawi, perang di Somalia, dan kudeta di Thailand. Semua itu memperlihatkan betapa kejamnya manusia untuk meraih puncak kekuasaan.

6. PASANGAN HIDUP (Suami/Istri/Pacar)

Kecemburuan berlebihan terhadap pasangan hidup(baik yang resmi–suami/istri,atau tidak resmi–kumpul kebo/pasangan sesama jenis ,ataupun belum resmi–pacar) bisa mengakibatkan seseorang melakukan hal-hal yang kejam. Rusaknya wajah Lisa karena disiram air keras oleh suaminya hingga harus di Face Off puluhan kali,atau mutilasi Heri di Depok oleh Ryan Jombang karena cemburu kekasih sesama jenisnya digoda .

7. PERTANDINGAN SEPAKBOLA

Tidak bisa dipungkiri sepakbola adalah olahraga paling populer di muka bumi ini, hingga sampai ada istilah ‘demam sepakbola’. Namun fanatisme berlebihan dari fans berat suatu negara/klub sepakbola sering menjadi konflik. Kita lihat saja tawuran antar suporter klub di Indonesia, ada juga Holligan Inggris yang selalu ditakuti karena kerap membuat rusuh dan berkelahi dengan suporter lainnya, juga tragedi tewasnya suporter di Heysel Stadion. Di Itali bahkan ada seorang polisi yang meninggal karena kekerasan suporter sepakbola. Yang paling berdarah karena sepakbola adalah perang negara Honduras - El Salvador.

0 comments: On Penyebab Utama Konflik Di Dunia

Post a Comment

Grab this Widget ~ Blogger Accessories
 
bottom