Mau Tau yang namanya Keju Biru (blue cheese)?

Tuesday, January 4, 2011
Awal terjadinya blue cheese diperkirakan diakibatkan penyimpanan keju di dalam gua-gua selama Eropa dilanda peperangan. Gua-gua yang gelap, dingin, dan lembab merupakan habitat alami bagi banyak jenis Penicillium. Jadi keju ini bisa bentol-bentol biru itu karena jamur gan. Yaaa mungkin klo di Indonesia kan ada tempe, di Eropa ada blue cheese.





Kandungan Nutrisi:


Protein
Keju memiliki kandungan protein cukup tinggi. Kadar protein blue cheese sekitar 6.07 gram tiap sajian (28 gram) atau sekitar 22%.
Karbohidrat
Sebagian besar laktosa, karbohidrat utama dalam susu, hilang menjadi whey selama pembuatan keju. Oleh karena itu, keju umumnya hanya mengandung sedikit karbohidrat.
Lemak
Pada blue cheese, kadar lemak totalnya sekitar 8.16 gram per sajian (28 gram).
Vitamin
Kandungan vitamin pada keju biru per sajian (28 gram) antara lain Thiamin 0.008 mg, Riboflavin 0.108 mg, Niacin 0.288 mg, Pantothenic Acid 0.490 mg, Vitamin B6 0.047 mg, Folacin 10 mg, Vitamin B12 0.345 mg, dan Vitamin A 204 mg.
Mineral
Dalam tiap sajiannya (28 gram), blue cheese mengandung mineral antara lain Calcium 150 mg, Iron 0.09 mg, Magnesium 7 mg, Phosphorus 110 mg, Potassium 73 mg, Sodium 73 mg, dan Zinc 0.75 mg



Manfaat:


Sama halnya dengan keju pada umumnya, jenis keju blue cheese diyakini memiliki manfaat yaitu :
1. mampu mengurangi resiko terjadinya kerapuhan pada gigi karena keju dapat menstimuls aliran saliva dan menghambat bakteri pembentuk plaque.
2. kandungan kalsium dan inorganic fosfat pada keju membantu mengurangi demineralisasi dan meningkatkan remineralisasi enamel gigi.
3. Kandungan nutrisi seperti Kalsium, fosfor, protein, magnesium, zinc and vitamin K yang ditemukan pada keju juga membantu menjaga kesehatan tulang.
4.para peneliti dari British Cheese Board juga menyampaikan tryptophan dalam keju mampu membantu meredakan stress dan membuat kita dapat tidur lebih nyenyak.
5. Menurut Choi (2004), semua jenis makanan dari produk olahan susu (dairy products) dapat mencegah gout arthritis.



Blue cheese dari berbagai negara:


Blue Castello (Denmark)
Blue Castello memiliki tekstur seperti brie, dengan warna biru yang cukup tebal, garis-garis horizontal, diperkaya dengan cream dan aromanya seperti jamur dan sedikit rasa pedas.

Stilton (England)
Berdasarkan sejarah disebut sebagai "The King of Cheeses", Stilton adalah blue-mould cheese dengan flavor yang kaya dan lembut dan aftertaste pedas. Blue Castello lebih mild dibanding Requefort atau Gorgonzola. Keju ini memiliki sedikit,gurat hijau kebiruan dan kerutan kulit yang tidak dapat dimakan. Keju ini sangat baik untuk taburan salad atau sebagia dessert keju, disajikan dengan Port Wine.

Gorgonzola (Italy)
Gorgonzola adalah keju biru tradisional, creamery dan co-operative. Gorgonzalo dibuat sebuah desa italia utara yang menjadi nama dari keju tersebut, dibuat dari susu non pasteurisasi atau pasteurisasi yang ditambahkan dengan kapang. Dalam empat minggu, keju ditusuk dengan jarum tipis untuk mendorong pemisahan kapang. Gogonzalo dimatangkan selama 6 bulan. Keju ini biasanya dibungkus dengan alumunium foil untuk menjaga kelembaban.

Roquefort (France)
Roquefort dianggap sebagai “king of cheese”. Keju ini memiliki rasa tingly yang tajam dan keju biru paling terkemuka. Hanya susu dari domba peliharaan khusus yang digunakan dan dimatangkan dalam gua kapur. Keju ini memiliki bentuk silinder dengan lender, berwrna gading muda dan memiliki kulit alami. Requefort yang telah matang bersifat cremy, padat dan putih ditengah, dan memiliki kulit berwarna orange terbakar. Biasa ditambahkan dalam dressing dan salad.

1 comments:

Post a Comment

Grab this Widget ~ Blogger Accessories
 
bottom